Senin, 09 Juni 2014

Help and documentation - Pelangiflora.com



                Sebuah situs yang baik akan memberikan penjelasan yang jelas tentang bagaimana menggunakan situs tersebut. Hal itu tidak harus membebani user dengan tulisan panduan yang sangat panjang, namun sebaliknya dapat berupa pesan-pesan singkat. Walaupun memang baik membuat sebuah website yang mudah digunakan, yang dapat digunakan oleh pengguna tanpa harus ada panduan. Sesekali memberikan “panduan” agar pengguna dapat menjelajahi web dengan lebih efisien adalah hal yang baik.



Berikut hasil evaluasi mengenai Help dan Documentation terhadap situs Pelangiflora.com:

                Satu hal yang paling sering menjadi pertanyaan pengguna saat memasuki situs jual beli adalah bagaimana caranya bertransaksi. Dalam hal ini, situs gagal menjelaskan hal tersebut. Situs Pelangiflora.com tidak memiliki halaman khusus tentang panduan membeli. Saya mencari-cari petunjuk cara bertransaksi di setiap sudut halaman dan hanya menemukan kolom berikut:



                Saya tahu saya bisa berbelanja melalui web, tapi bagaimana caranya? Apa harus saya telpon dulu untuk bertanya? Saya tidak mengerti. Akhirnya yang sering terjadi adalah pengguna mengira-ngira sendiri cara berbelanjanya. Dan bagi pengguna yang tidak terlalu paham dengan cara kerja website ini akan merasa bingung di akhir pemesanan. Pasalnya, pengguna hanya mengirimkan form pemesanan dan diwajibkan untuk sms atau telpon ke nomor yang tersedia guna melanjutkan proses pemesanan. Agak aneh, mengingat sudah banyak website jual beli yang mengandalkan website untuk mengelola pesanan (bukan lagi secara manual melalui telpon).

                Satu lagi hal yang mengganggu saya adalah pemberitahuan untuk memesan barang yang ditekankan bukan melalui website, namun melalui nomor telepon. Terdapat pemberitahuan yang muncul berulang ulang kali seperti pada beberapa halaman dibawah ini:






                Hal tersebut seolah menunjukkan bahwa pemesanan yang akan direspon lebih cepat, yang lebih valid, dan yang lebih diutamakan adalah pemesanan melalui telepon. Kalau benar seperti itu, buat apa fitur “Beli” dan “Shopping cart” ada pada website tersebut?

Rekomendasi Perbaikan:

Jangan anak tirikan membeli dengan website. Pembelian melalui website juga harus di promosikan ke pengguna. Pengguna harus mengerti dan diberikan petunjuk apa yang harus di lakukan saat ingin memesan melalui website.

Severity rating

Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.

No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Tidak ada panduan bertransaksi dalam website yang jelas.



X

2.
Terlalu menonjolkan membeli melalui telepon dan sms ketimbang membeli melalui website



X


2 komentar:

  1. Masih banyak memang situs UMKM yang tidak mencantumkan panduan tata cara pembelian pada situsnya. Semoga dengan dibahasnya situs Pelangiflora.com dari sisi help and Documentation situs Pelangiflora.com akan memberikan panduan kepada penggunanya

    BalasHapus
  2. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus