Sebuah situs yang baik akan
memberikan penjelasan yang jelas tentang bagaimana menggunakan situs tersebut.
Hal itu tidak harus membebani user dengan tulisan panduan yang sangat panjang,
namun sebaliknya dapat berupa pesan-pesan singkat. Walaupun memang baik membuat
sebuah website yang mudah digunakan, yang dapat digunakan oleh pengguna tanpa
harus ada panduan. Sesekali memberikan “panduan” agar pengguna dapat
menjelajahi web dengan lebih efisien adalah hal yang baik.
Berikut hasil
evaluasi mengenai Help dan Documentation terhadap situs Pelangiflora.com:
Satu hal yang paling sering
menjadi pertanyaan pengguna saat memasuki situs jual beli adalah bagaimana
caranya bertransaksi. Dalam hal ini, situs gagal menjelaskan hal tersebut.
Situs Pelangiflora.com tidak memiliki halaman khusus tentang panduan membeli. Saya
mencari-cari petunjuk cara bertransaksi di setiap sudut halaman dan hanya
menemukan kolom berikut:
Saya
tahu saya bisa berbelanja melalui web, tapi bagaimana caranya? Apa harus saya
telpon dulu untuk bertanya? Saya tidak mengerti. Akhirnya yang sering terjadi
adalah pengguna mengira-ngira sendiri cara berbelanjanya. Dan bagi pengguna
yang tidak terlalu paham dengan cara kerja website ini akan merasa bingung di
akhir pemesanan. Pasalnya, pengguna hanya mengirimkan form pemesanan dan
diwajibkan untuk sms atau telpon ke nomor yang tersedia guna melanjutkan proses
pemesanan. Agak aneh, mengingat sudah banyak website jual beli yang
mengandalkan website untuk mengelola pesanan (bukan lagi secara manual melalui
telpon).
Satu lagi hal yang mengganggu saya adalah pemberitahuan untuk memesan barang yang ditekankan bukan melalui website, namun melalui nomor telepon. Terdapat pemberitahuan yang muncul berulang ulang kali seperti pada beberapa halaman dibawah ini:
Satu lagi hal yang mengganggu saya adalah pemberitahuan untuk memesan barang yang ditekankan bukan melalui website, namun melalui nomor telepon. Terdapat pemberitahuan yang muncul berulang ulang kali seperti pada beberapa halaman dibawah ini:
Hal tersebut seolah menunjukkan
bahwa pemesanan yang akan direspon lebih cepat, yang lebih valid, dan yang
lebih diutamakan adalah pemesanan melalui telepon. Kalau benar seperti itu,
buat apa fitur “Beli” dan “Shopping cart” ada pada website tersebut?
Rekomendasi Perbaikan:
Jangan anak tirikan membeli dengan website. Pembelian melalui website juga harus di promosikan ke pengguna. Pengguna harus mengerti dan diberikan petunjuk apa yang harus di lakukan saat ingin memesan melalui website.
Severity
rating
Severity Ratings adalah penilaian yang
dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi.
Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat
sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna
bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi
berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap
tekun mengatasi masalah tersebut.
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Tidak ada panduan bertransaksi
dalam website yang jelas.
|
X
|
||||
2.
|
Terlalu menonjolkan membeli
melalui telepon dan sms ketimbang membeli melalui website
|
X
|
Masih banyak memang situs UMKM yang tidak mencantumkan panduan tata cara pembelian pada situsnya. Semoga dengan dibahasnya situs Pelangiflora.com dari sisi help and Documentation situs Pelangiflora.com akan memberikan panduan kepada penggunanya
BalasHapusBingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
BalasHapuscuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
yuu buruan segera daftarkan diri kamu
Hanya di dewalotto
Link alternatif :
dewa-lotto.name
dewa-lotto.com