Minggu, 08 Juni 2014

Error Prevention – Pelangiflora.com




Error Prevention adalah heuristic evaluation yang berfokus pada meminimalkan user membuat kesalahan (error). Kecenderungan pengguna untuk berbuat kesalahan harus dibuat seminimal mungkin. Hal tersebut kadang tidak cukup dengan peringatan, melainkan harus dibuat dengan desain atau kode program yang sesuai, yang mendukung pencegahan kesalahan.

                Apabila seorang pengguna belanja online, maka kesalahan atau error yang sering terjadi adalah saat memasukkan data-data terkait dengan pengiriman. Misalnya nomor telepon tidak sengaja terpencet huruf, atau ada kolom yang tidak terisi (terlewat). Untuk itu saya mencoba melihat bagaimana sistem melakukan pencegahan masalah tersebut. Saya masuk ke dalam menu shopping cart lalu klik tombol lanjutkan. Maka sampailah saya pada halaman berikut:



Disamping label Nama, Nomor Telepon, Alamat, Kode Post dan lain lain terdapat tanda “*” , yang artinya harus diisi. Namun arti tersebut tidak diberitahukan secara gamblang. Tidak ada keterangan nama harus berapa huruf, nomor telepon harus berupa angka, kodepos harus berisi angka dan sebagainya. Saya mengetahui bahwa tanda "*" adalah kolom yang harus diisi setelah mencoba untuk tidak mengisi apapun dan klik lanjutkan. Tombol lanjutkan tidak dapat berfungsi, yag artinya masih terjadi kesalahan pada input yg saya berikan.

              Saya kemudian jahil dengan menulis data-data sebagai berikut:
 

Kemudian saya menekan tombol lanjutkan. Apa yang terjadi??



Saya berhasil masuk ke menu selanjutnya. Sekarang saya berpikir, apa yang terjadi dengan pemesanan saya jika alamat, nomor telepon dan data-data lainnya saya berikan seperti tadi. Jelas sekali kesalahan dalam pencegahan error pada sistem ini. Hal tersebut tidak hanya tidak baik bagi pengguna, namun juga tidak baik bagi admin karena hal tersebut dapat membuat data yang masuk ke dalam database tidak valid.
Kesimpulan:

Website ini sangat buruk dalam masalah pencegahan error. Tidak ada notifikasi ataupun desain aplikasi yang jelas untuk mencegah terjadinya Error.


Rekomendasi Perbaikan:

Tambahkanlah batasan-batasan dalam menginput, misalnya nomor telpon hanya bisa angka, dan lain-lain. Tidak hanya menambahkan batasan, namun juga menambahkan pemberitahuan yang jelas apabila ada kesalahan input. Pemberitahuan tersebut bisa berupa pop-up window, atau sekedar tulisan dengan warna merah diatas kolom yang salah isi.


Severity rating

Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.



No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Tidak ada pemberitahuan apabila input kosong pada proses input data terkait pemesanan.



X

2.
Tidak ada batasan-batasan yang jelas tentang apa yang di inputkan.




X



















1 komentar:

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus