Minggu, 08 Juni 2014

Visibility Of Sistem Status – Pelangiflora.com




Prinsip “Visibility Of System Status” adalah kewajiban sistem untuk menginformasikan kepada pengguna apa yang sedang terjadi (apa yang sedang dilakukan sistem), melalui cara-cara yang dimengerti oleh pengguna. Beberapa hal yang tidak seharusnya berkaitan dengan prinsip ini adalah sebagai berikut:


1. Menu Kategori
                Begitu anda memasuki halaman utama website, anda disajikan menu kategori sebagai menu navigasi di samping kiri. Terdapat tanda arrow yang menunjukkan bahwa terdapat pilihan tambahan apabila anda mengarahkan mouse anda pada salah satu pilihan menu.






Lalu apa yang salah? Kesalahan akan terlihat apabila saya ingin memesan bibit Tomat Cherry, maka saya akan memilih menu “Benih Sayuran”. Muncullah sebuah list bibit sayuran. Gambar panah masih ada pada pilihan tomat, yang artinya masih ada lagi daftar benih tomat, misalnya tomat cherry, tomat roma, tomat sayur, dan lain-lain. Begitu mouse saya sampai pada pilihan benih tomat, ternyata tidak ada yang terjadi.




Dalam hal ini, sistem gagal memberi tahu pengguna bahwa benih tomat merupakan pilihan terakhir (bukan menu lagi).

2. Ucapan Terima Kasih
                Saya berganti ke menu lain. Terdapat menu “Terima Kasih” di dalam menu utama. Sangat jarang saya menemukan menu dengan kata “Terima Kasih” sehingga saya tertarik untuk melihat isi di dalamnya. dan ternyata, berikut isi halaman Terima Kasih:





Subscriber?? Mendaftar Sebagai Subscriber?? Kapan?? (O.o’)

Mendadak ada tulisan terima kasih telah mendaftar sebagai subscriber padahal saya tidak pernah merasa menginputkan email saya atau semacamnya.

Dalam hal ini, sistem gagal memberikan situasi yang benar. Saya adalah pengguna yang kebetulan berkunjung, bukan pengguna yang bersedia dikirimi email secara berkala (subscriber). Pada saat saya melihat tulisan ini, saya langsung mencari dimana tombol untuk berhenti subscribe dan tidak berhasil menemukannya (karna memang tidak menjadi subscriber).
Barulah hati saya tenang begitu melihat kalimat kedua, “jika belum berlangganan silahkan isi form  …. 
Buat apa ucapan terima kasih dijadikan menu?

3. Never Ending Progress Bar
                Circle Progress Bar adalah progress bar yang dibuat meligkat sebagai tanda bahwa sistem sedang melakukan sesuatu, dan user disuruh untuk menunggu dalam waktu yang relatif singkat (kecuali kalau bulatan tersebut memiliki tulisan berupa presentase dari waktu tunggu, dalam hal ini menunggu sedikit lebih lama menjadi tidak apa-apa). Dan disini adalah yang paling buruk diantara kesalahan lain. Masuk ke menu benih buah, lalu pilih melon. Saya masuk ke halaman detail untuk melon dainty. Gambar termuat sempurna, dengan menggerakkan mouse ke atas gambar, gambar otomatis ter-zoom seperti fitur di situs-situs belanja pakaian. Namun ketika gambar lain(masih dalam bibit yang sama) di klik, maka akan muncul progress bar berupa lingkarang yang berputar-putar.



Lingkaran berputar tersebut berarti sistem ingin berkata “Tunggu sebentar ya, gambarnya sedang di muat”. Setelah menunggu beberapa lama rasanya saya mau berbicara ke sistem “Hei !! Saya sudah menunggu 15 menit dan kau hanya berputar?! Mau sampai kapan?!”
                Dalam hal ini jelas, bahwa sistem gagal memberikan indikator progress yang baik ke pengguna. Tidak ada kepastian sampai kapan pengguna harus menunggu, dan memang tulisan loading itu tidak hilang, bahkan setelah saya tinggal untuk berfacebook ria selama 2 jam. Saya tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi, mungkin kesalahan program. Hal tersebut perlu diperbaiki, karena tidak hanya terjadi pada satu bibit, semua gambar dari semua bibit memiliki kesalahan yang sama, never ending progress bar.

Rekomendasi Pebaikan.
  1. Pada Menu navigasi sebelah kiri. Apabila sudah mencapai pilihan terakhir, bukan menu lagi, sebaiknya simbol arrow diganti simbol lain. Misalnya simbol titik atau sebagainya agar membedakan yang mana menu dan yang mana pilihan terakhir.
  2. Ucapan terima kasih harusnya menjadi halaman yang hanya dapat di lihat oleh pengguna (diperlihatkan ke pengguna) apabila pengguna memang memasukkan email untuk subscribe. Jadi, halaman terima kasih lebih baik dihilangkan. Menu subscribe sudah ada di sebelah kiri bawah. Lebih baik halaman terima kasih hanya muncul ketika pengguna memang men-subscribe melalui menu tersebut.
  3. Pebaikan sistem sangat dibutuhkan dalam menampilkan gambar. Gambar sudah di load, namun circle progress bar tidak berhenti. Apabila memang memerlukan waktu yang lama, akan sangat lebih baik diberikan berapa indikator tambahan berupa tulisan berapa persen yang sudah di load agar pengguna merasa yakin sistem sedang berjalan dan dapat mengira-ngira berapa lama ia harus menunggu.

Severity rating
Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.



No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Kesalahan simbol Menu Kategori


X


2.
Menu Terima Kasih yang berisi pernyataan membingungkan.

X



3.
Progress Bar berbentuk lingkaran berputar yang tidak pernah berhenti berputar.




X
 

1 komentar:

  1. Menurut saya tampilan website ini masih acak-acakan dan memiliki terlalu banyak kata-kata di kiri dan kanan halaman website. saya juga merasa bingung dengan keberadaan menu "Terima kasih", menurut saya itu tidak perlu dijadikan suatu menu dan setelah di pilih pun, halaman "Terima kasih" ternyata hanya berisikan ucapan terima kasih dari sistem

    BalasHapus