Minggu, 08 Juni 2014

Help users recognize, diagnose, and recover from errors - Pelangiflora.com




                Selain pencegahan terhadap terjadinya error, sistem juga harus mampu membuat pengguna sadar akan kesalahannya, dapat mendiagnosa kenapa dia salah dan bagaimana ia memperbaiki kesalahannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pemberitahuan yang jelas. Pemberitahuan tersebut berupa pemberitahuan dalam bahasa yang dapat dimengerti manusia pada umumnya, bukan kode program dan sebagainya.
Berikut hasil evaluasi saya terkait “Help users recognize, diagnose, and recover from Errors” dari Pelangiflora.com:
                Sama halnya dengan error prevention, kesalahan prinsip desain satu ini sering terjadi pada halaman-halaman yang membutuhkan input dari pengguna. Halaman yang paling banyak meminta input pengguna tentu adalah bagian shopping-cart. Setelah klik shopping cart dan lanjut ke pengisian alamat maka pengguna akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini:



seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai error prevention, tidak ada petunjuk yang jelas tentang apa yang harus di masukkan sebagai input. Misalkan nama, berapa batasan panjang nama yang harus dipilih dan lain-lain tidak disertakan. Karena itu saya mencoba tidak memasukkan data apapun dan langsung klik lanjutkan. Maka kemudian saya dibawa ke halaman berikut:




Apakah anda dapat melihat perubahannya?? TIdak?? Berarti mata anda normal. Ya, saya tidak dibawa ke halaman apapun yg berbeda dari sebelumnya. Tidak ada pemberitahuan apapun yang muncul terkait kesalahan yang saya buat. Hal ini tentu melanggar prinsip dari Help User Recognize, Diagnoze and Recover from Errors. Harusnya, bukan hanya tidak dapat lanjut ke halaman selanjutnya, tapi juga disertakan pemberitahuan mengapa tidak bisa lanjut ke halaman selanjutnya. Hal tersebut dapat membuat pengguna mengerti dimana ia melakukan kesalahan.
Kemudian saya mengisi data dummy (data asal) yang tidak benar, tidak seharusnya seperti yang ada di bawah ini:




Dan ternyata saya berhasil lanjut ke halaman berikutnya. Bagaimana kalau nanti pesanan saya tidak sampai akibat kesalahan alamat atau nomor telepon? Dari mana saya akan tahu kesalahan yang saya buat? Lagi-lagi dalam hal ini, sistem gagal menunjukkan kehebatannya dalam menangani error.
                Sedikit berbeda dengan halaman shopping card, Sistem Subscribe memberikan timbal balik yang cukup baik. Misalkan saya mengisi form subscribe dengan data yang salah sebagai berikut:




Setelah di klik subscribe, pengguna akan di bawa ke suatu halaman yang tidak tahu halaman apa (bukan pelangiflora.com dan diberitahukan kalau email yang di masukkan salah. Tampilannya adalah sebagai berikut:



Walaupun seharusnya tidak perlu sampai menyajikan suatu halaman baru yang diluar website. Pemberitahuan kesalahan akan lebih baik hanya dengan pop-up window ataupun pemberitahuan di atas kolom yang salah. Ditambah lagi, pemberitahuan dalam bahasa inggris dan tidak diberikan petunjuk format inputan yang benar. Dalam hal itu, sistem gagal menunjukkan kemampuannya membuat pengguna dapat recover dari kesalahannya.

Rekomendasi Perbaikan:
  1. Berikan pesan kesalahan yang jelas pada fitur keranjang belanja. Pemberitahuan kesalahan dapat berupa error dialog dalam bentuk pop-up window, atau tulisan merah di sebelah input yang salah isi. Tentunya hal tersebut dapat dilakukan apabila telah ada batasan-batasan pada input.
  2. Berikan pesan kesalahan pada halaman yang sama dengan terjadinya kesalahan. Hal tersebut dapat membuat pengguna lebih mudah mengetahui dimana dia salah dan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahannya.

Severity rating

Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.

No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Tidak ada pesan kesalahan pada shopping Cart




X
2.
Tidak ada batasan mengenai input pada Shopping Cart




X
3.
Pemberitahuan pada menu subscribe ada di halaman lain dan berbahasa asing


X


1 komentar:

  1. Saran untuk setiap bahasan "Help users recognize, diagnose, and recover from errors" mungkin bisa dibagi kedalam beberapa bagian agar lebih enak dibaca untuk setiap bahasannya.

    BalasHapus