Selain pencegahan terhadap
terjadinya error, sistem juga harus mampu membuat pengguna sadar akan
kesalahannya, dapat mendiagnosa kenapa dia salah dan bagaimana ia memperbaiki
kesalahannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pemberitahuan yang
jelas. Pemberitahuan tersebut berupa pemberitahuan dalam bahasa yang dapat
dimengerti manusia pada umumnya, bukan kode program dan sebagainya.
Berikut hasil evaluasi saya terkait “Help users recognize, diagnose, and
recover from Errors” dari Pelangiflora.com:
Sama halnya dengan
error prevention, kesalahan prinsip desain satu ini sering terjadi pada
halaman-halaman yang membutuhkan input dari pengguna. Halaman yang paling
banyak meminta input pengguna tentu adalah bagian shopping-cart. Setelah klik
shopping cart dan lanjut ke pengisian alamat maka pengguna akan di bawa ke
halaman seperti di bawah ini:
seperti yang sudah
saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai error prevention, tidak ada
petunjuk yang jelas tentang apa yang harus di masukkan sebagai input. Misalkan
nama, berapa batasan panjang nama yang harus dipilih dan lain-lain tidak
disertakan. Karena itu saya mencoba tidak memasukkan data apapun dan langsung
klik lanjutkan. Maka kemudian saya dibawa ke halaman berikut:
Apakah anda dapat melihat perubahannya?? TIdak?? Berarti
mata anda normal. Ya, saya tidak dibawa ke halaman apapun yg berbeda dari sebelumnya.
Tidak ada pemberitahuan apapun yang muncul terkait kesalahan yang saya buat.
Hal ini tentu melanggar prinsip dari Help User Recognize, Diagnoze and Recover
from Errors. Harusnya, bukan hanya tidak dapat lanjut ke halaman selanjutnya,
tapi juga disertakan pemberitahuan mengapa tidak bisa lanjut ke halaman
selanjutnya. Hal tersebut dapat membuat pengguna mengerti dimana ia melakukan
kesalahan.
Kemudian saya mengisi data dummy (data asal) yang tidak
benar, tidak seharusnya seperti yang ada di bawah ini:
Dan ternyata saya berhasil lanjut ke halaman berikutnya. Bagaimana
kalau nanti pesanan saya tidak sampai akibat kesalahan alamat atau nomor
telepon? Dari mana saya akan tahu kesalahan yang saya buat? Lagi-lagi dalam hal
ini, sistem gagal menunjukkan kehebatannya dalam menangani error.
Sedikit
berbeda dengan halaman shopping card, Sistem Subscribe memberikan timbal balik
yang cukup baik. Misalkan saya mengisi form subscribe dengan data yang salah
sebagai berikut:
Setelah di klik
subscribe, pengguna akan di bawa ke suatu halaman yang tidak tahu halaman apa
(bukan pelangiflora.com dan diberitahukan kalau email yang di masukkan salah.
Tampilannya adalah sebagai berikut:
Walaupun seharusnya
tidak perlu sampai menyajikan suatu halaman baru yang diluar website.
Pemberitahuan kesalahan akan lebih baik hanya dengan pop-up window ataupun
pemberitahuan di atas kolom yang salah. Ditambah lagi, pemberitahuan dalam
bahasa inggris dan tidak diberikan petunjuk format inputan yang benar. Dalam
hal itu, sistem gagal menunjukkan kemampuannya membuat pengguna dapat recover
dari kesalahannya.
Rekomendasi Perbaikan:
- Berikan pesan
kesalahan yang jelas pada fitur keranjang belanja. Pemberitahuan kesalahan
dapat berupa error dialog dalam bentuk pop-up window, atau tulisan merah di
sebelah input yang salah isi. Tentunya hal tersebut dapat dilakukan apabila
telah ada batasan-batasan pada input.
- Berikan pesan kesalahan pada halaman yang sama dengan terjadinya kesalahan. Hal tersebut dapat membuat pengguna lebih mudah mengetahui dimana dia salah dan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahannya.
Severity
rating
Severity Ratings adalah penilaian yang
dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi.
Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat
sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna
bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi
berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap
tekun mengatasi masalah tersebut.
No.
|
Deskripsi
|
Severity Ratings
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Tidak ada pesan kesalahan pada
shopping Cart
|
X
|
||||
2.
|
Tidak ada batasan mengenai input
pada Shopping Cart
|
X
|
||||
3.
|
Pemberitahuan pada menu subscribe
ada di halaman lain dan berbahasa asing
|
X
|
Saran untuk setiap bahasan "Help users recognize, diagnose, and recover from errors" mungkin bisa dibagi kedalam beberapa bagian agar lebih enak dibaca untuk setiap bahasannya.
BalasHapus