Minggu, 08 Juni 2014

Consistency and standards – Pelangiflora.com



Consistency and standards adalah prinsip evaluasi heuristic yang berkaitan dengan menjaga pengguna agar tidak menebak-nebak sendiri apa yang akan di proses oleh sistem. Seluruh kata-kata, menu, bahasa dan lain-lain pada sistem haruslah dapat dimengerti oleh pengguna dengan standar-standar tertentu.

Berikut adalah kesalahan yang ditemui pada situs Pelangiflora.com:



1. Menu unsubscribe yang tidak familiar.


                Seperti yang sudah di bahas pada halaman lain blog ini, tentang heuristic evaluation nomor 3. Apabila pengguna ingin unsubscribe situs Pelangiflora.com maka pengguna harus masuk ke dalam akun email yang di gunakan untuk men-subscribe lalu mengklik tautan yang ada pada email pertama.
Selanjutnya pengguna akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini:





                Situs Pelangiflora.com adalah situs dengan target pemakai adalah orang indonesia. Hal tersebut terlihat dari penggunaan bahasa dari website yang 90 persen lebih adalah bahasa indonesia, dan tidak ada bahasa inggrisnya. Mengapa tiba-tiba menu unsubscribe full berbahasa inggris?

                Hal ini akan menjadi masalah bagi user yang memang tidak mengerti bahasa inggris. User jadi mencoba-coba sendiri bagian mana yang harus di klik atau apa yang harus dilakukan untuk unsubscribe. Hal ini sangat bertentangan dengan prinsip heuristic evaluation ke empat. Pengguna tidak boleh dibuat mengira-ngira sendiri bagaimana cara melakukan sesuatu di dalam sistem. Sebaliknya, harus ada petunjuk dalam bahasa yang jelas sehingga pengguna mengerti. Karena itulah kesalahan ini menjadi kesalahan yang fatal dalam kategori evaluasi ini.

2. Notifikasi yang berbahasa inggris.

                Setelah dijelajahi lebih lanjut, bukan hanya dalam subscribe, permasalahan ketidak konsistenan dalam berbahasa juga ditemukan di dalam notifikasi search.
Saya mencoba mencari kata Bunga pada kategori Paket Hemat. Saya dibawa ke halaman search yang berisi seperti ini:















Pemberitahuan di berikan dalam Bahasa Inggris. Memang kata “Not Found” merupakan bahasa inggris yang sering digunakan di internet. Oleh sebab itu, pengguna yang tidak terlalu perduli mengapa ada tulisan “Not Found” akan langsung menebak, tidak ada barang yang di cari.

                Meskipun memang benar, namun seharusnya pengguna tidak “menebak”. Pengguna harus benar-benar di pastikan dengan notifikasi yang ada. Jika memang notifikasi tersebut hanya sebagai “Penghias” tidak harus di baca, maka akan lebih baik di hilangkan daripada membuat bingung.

Kesimpulan:

                Bahasa menjadi aspek yang sangat penting apabila kita kaitkan dengan target pengguna yang kita targetkan. Pelangiflora.com jelas menargetkan pengguna dari Nusantara Indonesia dengan membuat situsnya berbahasa 90% bahasa indonesia. Beberapa kata dalam bahasa inggris yang sering dijumpai seperti “Like”, “subscribe”, “FAQ”, “Not Found” dan lain-lain kemungkinan besar masih dapat dimengerti oleh pengguna. Namun apabila bahasa inggris digunakan dalam sebuah pemberitahuan atau malah satu halaman penuh berbahasa inggris, pengguna akan merasa kebingungan dalam mengartikannya (terutama pengguna yang benar-benar tidak mengerti bahasa inggris).

Rekomendasi Perbaikan

  1. Jeli terhadap penggunaan bahasa bahkan dalam notifikasi-notifikasi yang terkecil sekalipun. Hindari penggunaan bahasa asing dalam pemberitahuan agar pengguna dapat lebih memahami pemberitahuan tersebut. Kalau memang pemberitahuannya tidak terlalu penting, maka hilangkan saja.
  2. Buat halaman unsubscribe pada web dengan bahasa indonesia. Hal tersebut membuat user dapat mengerti jelas bagaimana caranya unsubscribe serta tidak bingung karena di alihkan ke halaman situs lain (bukan situs Pelangiflora.com).


Severity rating

Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.



No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Notifikasi hasil search dalam bahasa inggris

X



2.
Halaman Unsubscribe yang berbahasa inggris


X


 










1 komentar:

  1. Menurut saya keambiguan tombol Beli di Halaman utama pada list item bisa termasuk pada evaluasi ini, karena tulisan yang ada pada tombol tidak sesuai arti dari ekspektasi pengguna terhadap label tombol tersebut.

    BalasHapus