Minggu, 08 Juni 2014

Aesthetic and minimalist design – Pelangiflora.com





Heuristic Evaluation yang satu ini berfokus pada bagaimana suatu situs harus di desain. Desain tersebut harus seminimal mungkin (dalam arti tidak ada informasi yang tidak penting ditambahkan disana sini dan membuat desain tidak teratur) dan membuat pengguna senang menggunakan sistem. Desain tersebut juga harus mementingkan estetika keindahan, misalnya tidak ada warna yang mencolok sehingga tulisan sulit dibaca, tidak ada gambar-gambar yang tidak seharusnya, urutan penempatan text dan gambar enak untuk dilihat dan lain-lain.


                Berdasarkan evaluasi desain yang saya lakukan, berikut adalah hasilnya:

1. Tulisan yang berjalan pada halaman utama.
               


                Tulisan yang saya tandai tersebut merupakan tulisan yang di beri effect Marquee (Text Berjalan) padahal terdapat informasi penting yang dibuat. Hal ini membuat pengguna kesulitan membaca, karena text yang bergerak. Belum lagi geraknya yang tidak lancar kadang membuat user tidak bisa membaca pengumumannya secara lengkap. Atas faktor-faktor tersebutlah efek “Marquee” sudah sangat jarang di gunakan oleh website-website saat ini.

2. Menu Navigasi utama dengan peletakan yang aneh.

                Mengapa saya menyebut menu utamanya aneh? Lihat saja sendiri, berikut adalah menu navigasi utama pada bagian atas halaman utama situs:
 


Navigasi utama tidak dibuat satu garis. Tombol katalog dan tombol keranjang saling tumpang tindih. begitupula tombol testimoni dan kemasan besar. Saya tidak mengerti kenapa. Mungkin agar search dapat diletakkan disebelah kanan. Tapi hal tersebut membuat saya (saat pertama kali melihat) langsung beranggapan, bahwa situs ini tidak rapih. Menu navigasi utama adalah menu yang dilihat pertama kali dan akan membuat situs terlihat buruk apabila tidak terlihat bagus dan rapi.

3. Menu Kategori yang terlalu panjang.

                Pada kolom kategori terdapat daftar dari berbagai kategori bibit. Masing masing kategori memiliki daftar bibit lagi. Saking terlalu banyaknya, terkadang pengguna kesulitan mengakses menu paling bawah, misalnya pada gambar dibawah ini:


                Masih ada lagi nama bunga dibawah Pansy/Viola, namun sulit untuk saya jangkau karna ukuran layar yang terbatas. Apabila saya menggunakan mouse untuk scrolling, sering kali mouse saya melewati batas bawah dari daftar hingga harus naik lagi, memilih benih bunga dan menscroll hati-hati sekali ke bawah. Satu kali menghadapi masalah seperti itu tidak apa-apa, tapi kalau sering menghadapi masalah tersebut lama-lama jadi malas juga memilih bibit di bagian bawah. Apabila layar di kecilkan, menu dapat diakses semuanya, namun tulisan jadi sangat kecil, bahkan tidak terbaca.

Rekomendasi Perbaikan:


  1. Hilangkan Efek Marquee, Efek tersebut sudah tidak banyak digunakan karena mengganggu kenyamanan pengguna saat membaca informasi dan dianggap terlalu mencolok. Lebih baik diganti tulisan diam, namun di beri kotak atau latar merah untuk menarik perhatian pengguna untuk membaca.
  2. Menu utama harus dibuat rapih, sejajar. Menu search mungkin bisa di buat kolom sendiri di bagian kanan atas dari web. Jangan terlalu di paksakan semuanya dalam satu baris kalau memang tidak bisa.
  3. Menu dropdown yang terlalu panjang akan lebih baik jika di jadikan dalam bentuk mega menu, seperti yang ada pada situs-situs e-commerce lain seperti Lazada.com, Bhinneka.com, Bukalapak.com dan lain-lain. Dengan Mega menu, maka daftar barang dapat ditampilkan lebih rapi, dan user lebih mudah menjangkau semua daftar barang tersebut.


Severity rating

Severity Ratings adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan tiga faktor utama, yaitu:
Frequency, Seberapa sering suatu masalah itu terjadi.
Impact, yakni timbal balik dari masalah jika terjadi. Apakah pengguna mudah menanggulangi masalah yang terjadi atau sebaliknya sangat sulit untuk di tangani pengguna.
Persistence, Ukuran seberapa mampu seorang pengguna bertahan menangani masalah yang terjadi jika masalah tersebut terjadi berulang-ulang. Hal ini berkaitan dengan seberapa bisa seorang pengguna tetap tekun mengatasi masalah tersebut.

No.
Deskripsi
Severity Ratings
0
1
2
3
4
1.
Efek Marquee pada tulisan yang seharusnya pengumuman penting.



X

2.
Menu utama yang memberikan kesan berantakan.



X

3.
Daftar barang yang sulit di akses oleh pengguna.




X

4 komentar:

  1. Pembahasanya mantap bert! memang teks yang berjalan sangat menganggu

    BalasHapus
  2. setuju dengan penjelasan awal. Menu yang bertumpuk tersebut mungkin agak ambigu. Lebih baik jika bertindih seperti itu dilakukan separasi dengan garis atau apa. Tapi ketika kita mouse over menunya memang ada indikasi bahwa menu yang dipilih adalah menu yang benar.

    BalasHapus
  3. Setuju dengan pembahasan di atas. Teks berjalan/marquee memang sudah jarang digunakan dan sebaiknya tidak digunakan karena user akan kesulitan membaca teks yang berjalan.

    BalasHapus
  4. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus