Rabu, 13 Agustus 2014

Himax Polymer Octa-Core - Market Killer yang Dinantikan





Lama gak posting, postingan kali ini terkait hobbi gw, ngebahas gadget baru yang mau masuk. Hihihi… Oke, langsung aja, yang mau gw bahas adalah ponsel Himax Polymer Octacore. Sudah lama banget gadget ini di ributkan dan di nanti-nantikan.

Himax? Apa itu Himax? Buat yang belum tau, Himax adalah brand yang sebenernya sudah ada di indonesia sejak akhir tahun 2012/ awal 2013, jadi sudah sekitar 2 tahun menjajalkan gadgetnya di Indonesia. Hanya saja, brand “Himax” baru saja mulai terkenal semenjak memunculkan “Himax Polymer” yang cukup laris di pasaran, di tambah lagi rekor penjualan yang baru akhir-akhir ini di capai yakni pemesanan 5000 “Himax Pure 3” dalam waktu 2 jam, Juni lalu. Nah! Baru deh orang-orang melirik produk himax ini sebagai “Market Killer” gadget lainnya.


Agus Hadsoe selaku Marketing & Development Manager Himax Indonesia, memberikan berita bahwa Himax akan mengeluarkan gadget barunya lagi dalam waktu dekat. Kali ini akan diberi nama Himax Polymer Octa Core. Gak perlu ditanya processornya berapa core kan? Himax Polymer Octacore menggunakan Chipset Mediatek MT6592 Real Octa Core 1.7Ghz. “Real” berarti corenya memang ada 8 dan dapat bekerja seluruhnya secara bersamaan (tidak seperti yang ada pada Samsung S4). Nah! Jangan terlalu terkesima dengan “Octa”, kenapa? Karna Chipset ini memang chipset yang terbilang cukup murah dan dipakai oleh produsen-produsen china yang ingin menekan budget produksi namun tetap terlihat wah. Chipset buatan mediatek seperti ini walaupun sudah “Octa Core” namun performanya dibawah seperti Chipset Snapdragon Quadcore kelas atas. Jadi jumlah core tidak menentukan ponsel tersebut lebih baik. Tapi untuk sekarang ini, processor tersebut bisa dikatakan sangat mumpuni.

Untuk pengolah grafisnya, smartphone ini menggunakan GPU Mali-450MP4 untuk mengolah layar dengan kerapatan HD 720p. Sekedar informasi lagi, GPU tersebut juga merupakan GPU yang sering dipakai oleh smartphone octacore mediatek lainnya, misalnya IMO Clarity. Soal performa, GPU ini juga terbilang tidak terlalu wah apabila di bandingkan dengan GPU Adreno 320 yang digunakan oleh Sony XPeria SP, namun sudah mumpuni untuk mengolah grafik 720p.

Keadaan yang sama juga terjadi pada RAM, smartphone ini memiliki RAM berkapasitas 2GB namun bertipe DDR2, yang lebih lambat dari DDR 3 (yang biasanya dipakai smartphone high end). Jadi tidak heran bukan kalau smartphone ini akan di bandrol dengan harga murah? Perlu di klarifikasi, walaupun sepertinya gw membeberkan keburukan dari smartphone ini, tapi sebenernya nggak. Skor Antutu Gadget yang satu ini berada pada kisaran 26-27 Ribu, yang berarti performanya setara dengan Samsung Galaxy S4 dan HTC One! Jadi walaupun dalemannya murah, toh performa tidak bisa dibilang murahan. J

 Untuk sektor kamera, Smartphone ini menggunakan kamera utama beresolusi 13 MP lengkap dengan sensor SONY IMX135 heap style, F2.0 Aperture, 28mm wide angle lense, yang menjamin hasil gambar memukau. Gw sendiri gak begitu ngerti soal sensor kamera, tapi yang jelas melihat dari banyaknya review baik soal kamera handphone keluaran himax sebelumnya, kita bisa berharap yang satu ini kameranya juga bagus. Buat yang suka selfie, kamera depannya beresolusi 5MP yang juga memiliki kualitas bagus (harusnya).
Masalah koneksi, handphone ini hanya sampai di Kecepatan HSDPA, yang artinya belum support LTE. Tapi sepertinya, untuk sekarang hal tersebut tidak masalah, berhubung sinyal 4G di Indonesia juga masih cacat (sorry to say..)
Menurut kabar yang beredar, handphone ini diperkirakan adalah rebranded dari Collpad F1 8297. Ponsel tersebut merupakan ponsel asal negri tirai bambu yang berharga 168-175 USD . Jadi diperkirakan harga Himax Polymer Octacore di Indonesia nantinya tidak sampai 2 Juta!! Murah bukan? Jauh lebih murah di banding smartphone octa core lainnya yang sudah ada di Indonesia.

Cukup nantikan saja kedatangan gadget ini di pasaran. :) (ASeb)

Berikut Spesifikasi lengkapnya:

CPU
mediatek mt6592 @ 1.7GHz Octa Core
GPU: Mali 450 MP4 @ 700MHz
Memory
RAM: 2GB(DDR 2)
ROM: 8GB
Micro SD up to 32 GB
Display
5.0 inch IPS Capacitive, 5 point Multitouch
1280 x 720 pixels, Corning Gorilla Glass, OGS, 294 ppi
OS
Android 4.4 KitKat
Camera
13 megapixel Back Camera, SONY IMX135 heap style, F2.0 Aperture, 28mm wide angle lense, 4096 x 3072 pixels, autofocus
5.0 megapixel Front Camera
Network
Dual SIM, dual active (Dual micro SIM)
2G
GSM 900/1800/1900 MHz
3G
TD-SCDMA 2010-2025/1880-1920MHz
GPRS/EDGE/HSPA+ td>
Other Features
Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 b/g/n, Hotspot, OTG, FM Radio, Playstore, Micro USB 2.0, GPS and A-GPS, Gyroscope, Proximity, Light Sensor
Dimensions
141 x 71.5 x 9.3 mm
Weight: 151g
Battery
Li-on @ 2500mAh


Kelebihan:          Sudah Octa-core, RAM 2GB, Kamera Beresolusi 13 MP dengan Sensor Sony, Support OTG, Harga Murah
Kekurangan:      Tidak support 4G, Speaker masih di belakang, Gw belum punya uang buat beli ni hp. T,T
               

6 komentar:

  1. Sori gan, gw komen cuma gara2 di bagian akhir ttg kekurangannya

    Kekurangan: Gw belum punya uang buat beli ni hp. T,T

    Gw lempar sempak juga lu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakakkk......sabarrr, jangan ngemosi, justru qt perlu prihatin sdh ada kawan yang mau berbagi info namun belon bs beli ... doakan saja smoga rejekinya segera datang .. biar bs nambah kasih info kekurangannya agar kitorang gak keblasukk .

      Hapus
  2. Revisi gan polymer octa blom support otg gan😓

    BalasHapus
  3. Revisi gan polymer octa blom support otg gan😓

    BalasHapus
  4. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus