Selasa, 18 Februari 2014

Review - WEB Paling Menarik Namun Mengesalkan



              Apakah sobat pernah mendengar game dengan judul Kingdom Heart? Kalau tidak, apakah sobat pernah mendengar nama salah satu pengembang game bernama Square Enix? Sobat yang seorang gamers pasti tahu. Square Enix adalah sebuah perusahaan pengembang game-game khususnya yang bertema RPG, sebut saja seri Final Fantasy. Kalaupun bukan seorang penggemar game, setidaknya sobat pasti tahu Disney bukan? Nah, kali ini Disney bekerja sama dengan Square Enix memproduksi sebuah game bergenre RPG dengan judul Kingdom Heart. Bayangkan bagaimana jadinya sobat memainkan Final Fantasy dan bertemu karakter-karakter Disney di dalamnya, itulah Kingdom Heart. Itulah sekilas pengenalan tentang apa itu Kingdom Heart. Saya tidak akan meninjau lebih jauh mengenai game tersebut kali ini.
                Beberapa waktu lalu, saya di beri tugas untuk mencari serta mengomentari website yang saya anggap bagus sekali atau yang saya anggap buruk sekali. Tugas tersebut membawa saya mengingat pada suatu website yang selalu membuat saya kagum pada programmer nya. Ya! Website Kingdom Heart, yakni website Kingdom Heart Birth By Sleep – salah satu seri game Kingdom Heart. Bagi saya, Website tersebut adalah website yang bagus sekali tetapi juga buruk sekali disisi lainnya. Kenapa? Berikut reviewnya.


                Pada saat pertama kali sobat membuka web tersebut, akan tersaji sebuah tampilan hitam dan gradasi biru seperti langit malam dengan logo game dan loading progress pada tengah tampilan. Jika anda klik kanan, maka jelas terlihat bahwa halaman tersebut bukanlah halaman website biasa. Halaman tersebut hampir sepenuhnya berupa media interaktif flash. Jadi, website tersebut hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah menginstal aplikasi flash pada komputernya.



                Setelah menunggu beberapa lama, maka muncullah tampilan utama yang memukau. Sebuah antarmuka yang sangat interaktif tampil pada layar browser. Mari kita bahas satu persatu elemen yang ada di halaman ini. Disisi sebelah kiri atas terdapat logo perusahaan (Square Enix) sementara di pojok kanan atas terdapat tombol member, facebook, store, dan support. Jika sobat mengklik salah satu tombol tersebut maka sobat akan dibawa ke halaman baru meninggalkan halaman utama. Penempatan tombol pada kanan atas sangat bagus, karena memang tombol tersebut bukan tombol utama yang dicari oleh pengunjung web. Meski begitu warna dari tombol juga sangat bagus, mudah terlihat, sehingga pengunjung web tidak kesulitan mencari tombol-tombol itu walau ada di ujung.

jika mengklik tombol member:

Jika mengklik tombol facebook:

Jika mengklik tombol store:

 Jika mengklik tombol support:

                Sementara menu utama berisi gambar-gambar yang membuat suatu peta. Peta tersebut dapat diputar dengan meng-klik panah kiri atau kanan pada layar. Hal ini membuat saya sangat terpukau. Hanya dengan melihat antarmuka webnya saja, saya seperti ada di dalam dunia permainannya.





                Gambar-gambar dapat di klik dan memunculkan tampilan-tampilan baru tanpa harus memuat ulang halaman. Hal ini dimungkinkan oleh kemahiran sang programmer dalam membuat flash dalam websitenya. Website juga memberikan unduhan seperti contoh game play (berupa video), HD Wallpaper dan lain-lain. Satu-satunya yang menjadi masalah adalah penempatan tombol close untuk mengembalikan ke tampilan awal, pada saat kita sudah mengklik salah satu gambar. Tombol tersebut berupa tulisan close di sisi kiri atas. Warna tulisan tersebut sama seperti teks lain, sehingga tidak terlihat seperti tombol dan sulit ditemukan. 




Kesimpulannya, website ini adalah website yang paling bagus yg pernah saya temui karena didesain dengan sangat baik, sangat dinamis. Dari penampakan websitenya saja sudah dapat membuat pengunjung ingin memainkan game tersebut. Sehingga dari segi tampilan, website ini sudah sangat mampu memenuhi segala tujuan pembuatan web, yakni menarik minat pengunjung untuk memainkan game tersebut. Desain yang sangat rapi juga menunjukkan bahwa programmer tidak main-main dalam membuat web. Website ini juga menjadi website yang sangat buruk karena pengunjung dengan koneksi internet lemah akan mudah emosi saat membuka website ini. Mengapa? Karena waktu memuat flash yang sangat lama. Tak jarang ada yang tidak jadi membuka website tersebut. Ketidaktersediaan flash player pada semua komputer juga mengakibatkan tidak semua orang dapat membuka web tersebut.

Sekian review dari saya,,
Kritik dan saran, silahkan tulis dibawah.
See you in the next post.. (AS)

5 komentar:

  1. Pertama kali saya coba akses dengan modal penasaran, ternyata memang benar, efek untuk UI yang luar biasa terasa saat memuat halaman web tersebut. Setuju dengan sang author, saya juga agak kecewa dengan loading time yang user tanggung ketika membuka website itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, harus memiliki jaringan internet yang sangat cepat untuk menikmati antarmukanya. itu sangat disayangkan, karena itulah saya tulis sangat menarik namun mengesalkan

      Hapus
  2. kalau boleh saya komentar tentang kekurangan website ini. masalah tentang gambar, pertama mulai dari melihat "all character" yang ditampilkan website tersebut. ketika saya coba lihat salah satu karakter tsb ada juga tampilan screenshot yang berhubungan dengan karakter yg diliat. ketika di klik muncul pop up gambar tsb dalam ukuran yg lebih besarnya. biasanya yg namanya pop upketika mouse mengklik bagian layar mana saja maka pop up gambar tsb akan hilang tp kenyataannya harus mengklik tombol close, akan lebih baik juga ketika pengguna mengklik layar dimana saja popup tsb bisa close. mungkin bagi programmer mempunyai standar karena ada tombol close maka untuk menghilangkannya harus melalui tombol tulisan close itu bukan dengan cara lain.
    untuk masalah tombol close, bagi saya tombol close tsb membingungkan, bukan karena dalam bentuk tulisan close, tapi karena posisinya berada di sebelah kiri atas, karena biasanya/mayoritasnya tombol close itu berada di kanan atas. mungkin bagi user pengguna OS macintosh tidak masalah krn defaultnya di kiri atas, tapi sebagian besar user pasti menggunakan linux/windows yg dimana tombol close itu berada di posisi kanan atas.

    BalasHapus
  3. kedua untuk bagian di theme. saya liat ada PSP theme di situ diberi gambar thumbanail dalam ukuran kecil ketika di klik saya kira akan muncul pop up enlarge image yg di thumbanail, tp ternyata malah menuju link download, ketika dibuka muncul file dengan ektensi .ptf untuk user awam pasti akan membingungkan, khususnya ketika pengguna mengekstrak file yg di download pasti akan kebingungan apa file ptf dan untuk apa? saya pun sempat kebingungan juga, default downloader saya menggunakan IDM, ketika thumbanail itu di klik tiba2 muncul window IDM untuk download. saya tidak mengklik tombol/icon download kenapa tiba-tiba IDM muncul? sebaiknya link download di pisahkan saja agar tidak mengejutkan pengguna. tapi mungkin bagi pengguna yg tidak awam pasti akan tau file .ptf itu untuk apa tapi bagi pengguna awam akan membingungkan.

    ketiga untuk bagian wallpaper, ketika mouse diarahkan ke thumbanail ternyata akan muncul dua tombol dalam bentuk tulisan "widescreen" dan "standard" bagi pengguna awam/yg pertama kali melihat website ini mungkin akan langsung gak ngeh akan muncul dua tombol itu, bisa saja langsung klik lalu tab baru muncul menampilkan perbesaran gambar secara acak, bisa jadi wide bisa jadi standard. biasanya untuk tombol ini terletak terpisah dari gambar, biasanya ada di bawah. memang mungkin sengaja dibuat interaktif tapi sekali lagi akan membingungkan pengguna baru/awam.

    ke4: untuk bagian world map, saya pikir ketika di klik salah satu map akan memunculkan sedikit informasi tentang tempat-tempat itu. misal kalau saya klik neverland maka akan muncul informasi tentang seperti apa tempat neverland itu. saya pikir akan sama dengan website game pada umumnya, kalau di klik tempatnya akan muncul deskripsi tempat tsb. tapi di website ini malah memunculkan karakter yang berhubungan/mungkin jadi tempat bertemu karakter pendukung yg berhubungan dengan tempat tersebut. jadi menurut saya bagian "world map" sama saja dengan "all characters".

    BalasHapus
    Balasan
    1. -saya kurang memperhatikan soal download itu,

      -mungkin dibuat seperti itu agar seinteraktif mungkin, sehingga pengguna bisa mempelajarinya sendiri sambil menikmati animasi2 yg ada.

      -penjelasan mengenai map yang di maksud mungkin asal usul map tersebut dll. kalau penjelasan seperti itu yang dimaksud, itu sudah ada di film disneynya sendiri.. sementara di game biasanya hanya tokoh2nya. dari tokoh2nya itupun bisa terlihat kira-kira map-nya seperti apa.. hehehe

      Hapus